Olah Data Menggunakan EViews

Analisis Ekonometrika dan Statistika menggunakan aplikasi EViews

Olah Data Menggunakan EViews

EViews adalah program kommputer yang digunakan untuk mengolah data statistik dan data ekonometri. Program ini tersedia dalam versi MS Windows dan Macintosh. EViews merupakan kelanjutan dari MicroTSP, yang dikeluarkan pada tahun 1981. Aplikasi EViews dibuat pertama kali oleh Quantitative Micro Software (QMS) yang berada di Irvine, California, Amerika Serikat.

EViews yang saya pakai sampai saat ini adalah EViews versi 6.0, meskipun EViews terbaru sudah sampai ke versi 9.5. Karena Saya masih familiar dan nyaman dengan EViews versi 6.0. EViews sendiri bisa di download di situs resminya http://eviews.com dalam bentuk komersial maupun versi akademik. Versi akademik harganya lebih murah, namun ada batasannya yaitu hanya mampu 1.000 observasi untuk satu data time-series, dan 10.000 data untuk keseluruhannya / total. Ada juga beberapa analisis yang tidak tersedia di versi akademiknya, antara lain ARCH, FIML, GMM, SURE, TSLS, dan pengolahan dengan cara batch tidak tersedia di versi ini.

EViews dapat kita gunakan untuk menyelesaikan masalah yang berbentuk time-series, cross section, maupun data panel. Apa itu time-series, cross section, dan data panel? Untuk penjelasan simpelnya adalah sebagai berikut :

  • Time Series
    Time Series adalah data suatu objek yang terdiri atas beberapa periode. Contohnya adalah harga saham sebuah perusahaan yang diamati selama 1 bulan (30 hari). Contoh lain adalah data penjualan untuk 3 bulan kerja (quarter). Dengan demikian, data yang bersifat time-series harus dijaga urutannya
  • Cross Section
    Cross Section adalah data beberapa objek pada waktu tertentu atau saat tertentu. Sebagai contoh adalah data harga saham pada tanggal 5 Juni 2016 untuk semua perusahaan yang sahamnya diperjual-belikan pada saat itu. Dalam kasus ini urutan tiap-tap perusahaan yang sahamnya dijual tidak perlu dipermasalahkan.
  • Data Panel
    Data Panel adalah data yang bersifat time-series dan cross section. Artinya data terdiri atas beberapa objek dan meliputi beberapa periode. Data panel bersifat lebih komplek karena menggabungkan timme-series dan cross section.

Karena EViews mampu mengakomodir ketiga kebutuhan di atas, analisis yang dilakukan oleh program EViews tidak hanya berupa masalah statistik biasa, namun EViews juga mampu menyelesaikan untuk kasus-kasus ekonometrik yang cukup komplek. Keunggulan EViews sendiri adalah pada kemampuannya untuk menyelesaikan kasus time-series, meskipun tetap dapat mengolah data cross section dan data panel. Penggunaan Eviews juga cukup mudah, hanya perlu melakukan beberapa kali klik maka hasil akan muncul di screen / layar komputer Anda. Hasil output dari Eviews juga mudah untuk ditransfer atau dipindahkan ke aplikasi lain (misal MS Word), cukupdengan edit-copy lalu edit-paste,

Namun EViews dapat dikatakan sebagai program yang cukup susah diawal, ketika kita pertama kali belajar atau mengenal EViews. Bahkan sering kali orang yang pertama kali belajar EViews akan kesulitan dan frustasi. Namun dengan banyaknya petunjuk yang ada di internet saat ini, mencari cara dan tutorial dasar penggunaan EViews akan banyak kita jumpai di dunia maya. Kelemahan lain adalah untuk reporting berupa grafik, jika ingin grafik Anda bisa mencoba ke versi EViews yang terbaru atau menggunakan aplikasi lain untuk membuat data grafiknya.

Sumber : Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan EViews (Wing Wahyu Winarno)
Diposting oleh , pada 04 July 2016