Analisis SWOT

Analisis Strengths Weaknesses, Opportunities, dan Threats

Pengertian Menurut Ahli

Menurut Daniel Start dan Ingie Hovland, analisis SWOT adalah instrument perencanaaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan ekternal dan ancaman, instrument ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. Instrumen ini menolong para perencana apa yang bisa dicapai, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh mereka.

Faktor Internal

Untuk analisis SWOT faktor internal (faktor dari dalam), itu terdiri dari dua macam yaitu kekuatan dan kelemahan (strength and weakness). Kekuatan dan kelemahan itu termasuk faktor yang berasal dari dalam. Akan lebih baik dalam sebuah penelitian ketika kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan. Karena dengan tinggi nya kekuatan internal akan membuat hasil penelitian lebih baik.

Faktor Eksternal

Faktor dari luar entitas yang sedang kita teliti yang akan kita sebut sebagai faktor eksternal. Faktor eksternal dalam analisis SWOT adalah peluang dan ancaman (Opportunities and Threats). Peluang dan ancaman ini bisa dijadikan acuan dalam menyusun strategi pemasaran.

Faktor Internal
Faktor Eksternal
Strength
Opportunity
Weakness
Threat

Untuk memudahkan pemahaman sebagai contoh, kita misalkan akan meneliti tentang perusahaan A yang sedang meneliti tentang produk barunya untuk dijual dan dilepas ke pasaran. Kita gambarkan perusahaan A ini bergerak di bidang Obat-obatan yang akan meneliti salah satu vitamin yang akan dijual.

Strengths / Kekuatan

Memaparkan tentang kelebihan yang harus ditonjolkan pada entitas yang sedang di teliti. Semakin besar kekuatan atau kelebihan yang ada akan memberikan nilai positif pada entitas kita. Jika membahas tentang kelebihan vitamin, bisa kita bahas kandungan apa saja sih dalam vitamin ini yang membuat keunggulan produk kita. Bisa juga memaparkan vitamin herbal dengan kandungan alami yang membuat vitamin ini mudah diserap oleh tubuh secara bertahap.

Weakness / Kelemahan

Kelemahan dalam analisis SWOT harus dipaparkan sebanyak-banyaknya. Mengapa? Karena ini sebagai acuan perbaikan mutu dan kualitas produk yang akan diteliti. Namun dalam penelitian sebenarnya, tidak banyak yang berani memaparkan kelemahan secara terbuka. Karena keterbatasan waktu dan biaya untuk memperbaiki kelemahan ini. Dalam kasus vitamin ini misal bisa kita gambarkan kelemahan yaitu harga vitamin yang cukup mahal. Atau mungkin vitamin ini memberikan efek samping terhadap beberapa kondisi tubuh seseorang seperti ibu hamil, atau lain sebagainya.

Opportunities / Peluang

Analisis peluang menjadi analisis yang harus matang diteliti. Karena peneliti tentunya tidak ingin penelitian berakhir sia-sia karena peluang di lapangan tidak ada. Bayangkan misal dalam kasus vitamin ini, di lapangan ternyata tidak ditemukannya peluang yang cukup untuk pemasaran produk vitamin ini. Karenanya peluang pemasaran maupun peluang berkembangnya produk di lapangan perlu diperhatikan.

Threats / Ancaman

Jangan menyepelekan tentang ancaman dari luar. Misal keberadaan kompetitor di luar sana. Apakah kompetitot sudah berkembang terlalu besar sehingga kita susah masuk ke pasaran ini. Dengan melakukan survei lapangan, peneliti harusnya mampu menggambarkan ancaman yang ada.

Diposting oleh , pada 19 December 2017

Sharing

Kalo agan sista pada kesulitan dengan data dan metode penelitian yang dipakai saat ini, Mengapa tidak berbagi saja dengan kami? Share ke kami masalah penelitianmu. Kalo kami bisa membantu pasti akan kami bantu dengan baik. Yang paling penting tidak usah kawatir harus bayar, kalo memang kami tidak bisa kami tidak akan meminta bayaran kok. Tapi kami pasti berusaha membantu masalah kalian.