Aplikasi untuk Olah Data Statistik

Ragam Aplikasi yang Berguna dalam Pengolahan Data Statistik

Aplikasi Sebagai Tools yang Membantu Penelitian

Baru-baru ini penelitian tidak hanya dilakukan oleh seorang pelajar atau mahasiswa. Tugas meneliti pun dilakukan oleh seorang karyawan seperti dosen, guru, dokter, perawat, karyawan tata kota, bahkan pengusaha pun melakukan penelitian bila mana ingin usahanya lebih maju lagi. Jika anda seorang peneliti yang sedang mengerjakan suatu penelitian maka akan dihadapkan dengan data penelitian. Tidak sedikit orang yang bingung menggunakan alat uji apa yang sesuai untuk pengolahan data yang mereka miliki. Aplikasi software yang dapat digunakan dalam pengolahan data penelitian ada beraneka macam. Penggunaannya pun disesuaikan dengan tujuan dan jenis penelitian. Berikut beberapa software pengolahan data yang umum digunakan oleh para peneliti di Indonesia

Microsoft Excell

Siapa sangka software excel yang diangkap sepele oleh banyak kalangan merupakan salah satu software yang berperan penting dalam proses pengolahan data. Ya betul software ini telah dikenalkan sejak dini bahkan di bangku SD para siswanya telah diajarkan apa itu excel dan apa gunanya. Nah bagi kalian yang sedang melakukan pengolahan data penelitian lalu membutuhkan grafik, diagram, atau perhitungan yang menggunakan rumus-rumus di excel nih gudangnya. Namun perlu diketahui bahwa rumus-rumus di excel perlu dipelajari lebih lanjut agar kalian dapat memanggilnya untuk melakukan perhitungan. Semisal untuk menghitung quartil, desil, persentil, juga kurtosis. Tidak hanya itu loh excel mampu menghitung korelasi dengan sekali panggil. Dapat pula menghitung regresi yang memerlukan langkah-langkahnya. Jadi penggunaan excel ini dibutuhkan untuk penelitian baik peneliti pemula maupun penelitian yang rumit.

Google Spreadsheet

Aplikasi ini mirip dengan Microsoft Excell, namun dibuat oleh Perusahaan Google yang dikembangkan di atas platform Browser. Google spreadsheet adalah versi online dari Microsoft Excell, karenanya aplikasi Google Spreadsheet ini membutuhkan koneksi internet untuk akses dan penggunaannya. Namun di lain sisi, konsep internet dan online tools ini memberikan kemudahan lain berupa accessbility yang luas dan bisa diakses oleh orang lain yang diberikan hak, dan lintas komputer. Penggunaan aplikasi model online seperti ini tentunya mengurangi adanya pertukaran virus antar komputer ketika harus memindahkan file dengan USB / Flashdisk.

SPSS

Nah kalau software ini macem-macem nih kegunaannya. Software ini pun mudah digunakan apa lagi untuk kalian yang merupakan penelitian pemula semisal Tugas Akhir, ataupun SKRIPSI. Kenapa mudah karena beda dengan excel yang mengharuskan mengerti sintaknya di SPSS ini tinggal klik aja uda keluar deh hasil yang di inginkan. Lalu apa saja sih yang ada pada SPSS ini? Biasanya nih mereka yang sedang mengerjakan SKRIPSI dimana topiknya tentang hubungan atau pengaruh antar variabel SPSS ini menjadi andalannya. Selain itu uji beda rata-rata maupun uji kategori dapat menggunakan software ini. Bisa dikatakan software ini merupakan tools yang praktis dan serba guna.

EViews

Eviews ini merupakan software yang sering digunakan dikalangan akuntan. Data-data keuangan sepertinya lebih cocok menggunakan eviews daripada SPSS. Sebab data-data keuangan memiliki karakter time seris dimana dapat dibedakan perhitungannya per tahun per emiten mau dibuat jenis panel atau jenis pool, nah kan macam-macem deh pokoknya. Selain itu banyak sekali kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada data keuangan yang tidak dapat diselesaikan dengan SPSS. Semisal terdapat tiga metode estimasi yang dapat digunakan untuk menguji data panel, yakni common effect, fixed effect, dan random effect. Masing-masing metode estimasi tersebut tergantung kondisi datanya dimana hal ini tidak ditemukan dalam SPSS. Dan masih banyak lagi tools-tools eviews yang bisa di aplikasikan dalam data-data keuangan.

SEM

SEM adalah singkatan dari structural equation modeling. Dimana software yang biasa dipakai dalam menyelesaikan SEM ini ada banyak namun yang sering beredar di masyarakat Indonesia ada 3 yaitu AMOS, SMART-PLS dan Lisrel. Penggunaan alat uji analisis ini biasa untuk penelitian-penelitian yang tidak mau biasa-biasa aja. Jadi ingin lebih detail, lebih rumit, dan tentu saja lebih keren. Cocok digunakan untuk penelitian kuantitatif dengan instrument penelitian angket dan responden dalam jumlah yang banyak. Jadi untuk kalian yang respondennya sample kecil akan sulit menggunakan alat ini karena hasilnya justru tidak keluar. Ada salah satu buku yang mengklime minimal sample yang digunakan adalah 100.

Penelitian dengan menggunakan SEM memiliki orientasi yang berbeda dengan analisis regresi berganda atau anova. SEM ini lebih menekankan pada kovarian jika dibandingkan dengan kasus-kasus secara individual. Jika dalam analisis statistic biasa fungsi yang diminimalkan adalah perbedaan antara nilai-nilai yang diamati dengan yang diprediksi, maka pada SEM yang diminimalkan adalah perbedaan antara kovarian sampel dengan kovarian yang diprediksi oleh model sehingga sering disebut analysis of covariance structure. (Siswoyo Haryono, 2017).

Pengamplikasiannya pun lebih sulit dan rumit karena perhitungannya berdasarkan masing-masing butir item pertanyaan. Oleh karena itu perlu waktu dan biaya yang lebih banyak untuk penelitian dengan alat uji menggunakan SEM ini.

Expert Choice

Software ini digunakan untuk tujuan penelitian kepuasan. Dimana butuh seseorang atau beberapa orang expert untuk menentukan seberapa tingkat kepuasan terhadap suatu objek. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dengan model perbandingan antar dua objek dan skala penilaian 1 sampai 9. Di kalangan peneliti alat uji ini dikenal dengan nama AHP (analisis hirarki proses). Mengapa disebut hirarki karena biasanya akan tersusun pohon hirarki akibat dari perbandingan antar berpasangan tersebut. Alat uji AHP ini sering digunakan dikalangan peneliti sosial misalnya untuk menghitung seberapa tingkat kepuasan masyarakat akan produk A, B dan C. sering juga digunakan peneliti untuk mengetahui kebijakan mana yang terbaik berdasarkan pendapat para ahli.

WDEA dan DEAP

Nah DEA ini adalah data envelopment analysis. Gunanya untuk mengetahui seberapa besar efektifitas suatu variabel. Biasa digunakan juga pada data keuangan misalnya ingin mengetahui bank mana yang paling efektif kinerja keuangannya. Atau bisa juga untuk mengetahui efektivitas dalam penjualan sesuatu benda disebuah toko. Intinya untuk mengukur efisiensi suatu variabel ya teman-teman. Software yang digunakan biasanya wdea atau deap. Untuk lebih lengkapnya adalah deap namun deap terbatas di banyak sample yang digunakan tidak bisa lebih dari 150 data sedangkan untuk software wdea mampu menghitung dalam sample besar namun output yang dihasilkan tidak selengkap deap.

Berikut adalah macam-macam software yang digunakan untuk pengolahan data penelitian. Jika ada pertanyaan atau perlu bantuan penelitian bisa hubungi kami di datariset.com

Diposting oleh , pada 10 May 2024