Uji Coba Instrument, Uji Validitas, Try Out

Kajian Uji Validitas dan Try Out

Uji coba instrument, uji validitas, try out

Hai para peneliti, sudahkah kalian uji validitas atau try out?? Bagi para peneliti yang belum menyusun instrument penelitian kami datariset.com selaku asisten peneliti menerima jasa pembuatan instrument penelitian juga loh. Penyusunan intrumen penelitian hendaknya mengikuti kaidah yang berlaku dalam penelitian. Padahal banyak peneliti yang sibuk dengan pekerjaan dan tugas. Jika kalian termasuk peneliti yang tidak punya waktu lebih untuk itu serahin saja ke datariset.com kami siap melayani kesulitan anda.

Untuk yang sudah menyebar kuesioner/angket tetapi banyak yang harus direkap/dientri dan mata sudah lelah untuk membuka tiap lembar angket. Kami datariset.com menerima layanan rekap/entri kuesioner. Keburu-buru waktu dan mau cepat tidak masalah. Kami siap melayani sesuai waktu yang anda inginkan.

Bagi yang sudah dientri/direkap ada di antara peneliti/mahasiswa yang mendapatkan kendala selanjutnya. Hasil yang tidak sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Banyak item butir pertanyaan yang gugur menjadi kendala utama saat uji validitas. Kendala yang kedua adalah tidak reliable. Kalau sudah banyak item butir pertanyaan yang gugur dan hasil tidak reliable kalian dapat konsultasikan pada datariset.com kami ada solusinya.

Hal-hal yang menyebabkan item butir pertanyaan banyak yang gugur adalah :

  • Instrument penelitian yang menggunakan bahasa kurang simple dan membuat pembaca ambigu. Oleh karena itu sebelum kuesioner/angket disebar hendaknya dilakukan expert justman terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kata-kata yang ambigu dan membuang item yang dirasa kurang sesuai dengan responden.
  • Pernyataan yang diajukan tidak sesuai dengan culture responden. Misal nih peneliti mengadopsi kuesioner/angket dari luar dan peneliti/mahasiswa sebarkan di Indonesia. Padahal culture negeri tetangga dengan Indonesia kan berbeda. Nah itu menyebabkan hasil akan tidak valid atau gugur.
  • Banyaknya item pertanyaan yang diajukan terlampau banyak. Sebelum menentukan banyak item yang akan dibuat terlebih dahulu analisis responden yang digunakan. Responden anak sekolah, atau pegawai, atau masyarakat dengan latar belakang tertentu tentunya menentukan banyak sedikitnya pernyataan pada angket yang akan dibuat. Misalkan responden adalah karyawan suatu pabrik swasta maka janganlah buat pernyataan dalam angket yang banyak sebab mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membaca dengan teliti, dan memahami setiap pernyataan. Mereka akan lebih banyak mengarang jawaban daripada membacanya dengan teliti. Nah jawaban yang dikarang inilah yang menyebabkan item butir pertanyaan akan banyak yang gugur. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka konsultasikanlah kepada dosen pembimbing atau

kepada ahli statistic. Sedangkan metode dalam uji validitas juga ada bermacam-macam. Jurusan tertentu terkadang memiliki ciri khas dalam memiliki alat uji untuk uji validitas ini dengan metode yang mana. Berikut ini alat uji statistic untuk uji validitas yang biasa digunakan masing-masing jurusan:

Jurusan psikologi biasanya menggunakan item total correlation

image correlations

Jurusan kedokteran, dan pendidikan biasanya menggunakan corelasi pearson

image korelasi pearson

Jurusan ekonomi biasanya menggunakan confirmatory/eksploratory validity, analisis faktor (CFA)

image Rotated COmponent Matrix

Standar valid atau gugurnya suatu item pun masing-masing berbeda. Untuk item total correlasion biasanya menggunakan batas 0,3 hal ini seperti yang diungkapkan pada buku yang ditulis oleh Syaifrudin Azwar. Sedangkan untuk yang menggunakan corelasi pearson biasanya menggunakan batas r tabel. R tabel ini ditentukan berdasakan banyaknya responden yang digunakan. Sumbernya dapat dibaca pada buku yang ditulis oleh sugiono. Sedangkan untuk CFA batas yang digunakan sesuai dengan expert tidaknya si peneliti biasanya untuk mahasiswa skripsi 0,4 sedangkan mahasiswa tesis 0,5 namun ada pula yang lebih. Sumbernya dapat kalian baca pada buku tulisan Imam Gozali.

Jangan lupa ya hubungi datariset.com jika hasil olah data kamu terkait validitas tidak sesuai dengan keinginanmu. Simple, cepat, praktis, biaya terjangkau, dapat dipercaya, dan tentunya akan berkonsultasi olah data dengan asisten peneliti yang sabar dan aslik. Buruan olah data ke DataRiset.com untuk yang ingin segera terbebas dari tugas-tugas statistic, skripsi, tesis.

Diposting oleh , pada 21 December 2014