Belajar SPSS

Mengenal dan Memahami SPSS

Statistical Product and Service Solutions

Statistical Product and Service Solutions (SPSS) for windows adalah salah satu paket program yang sangat populer dari sekian banyak paket program pengolahan data statistik selain SAS, Stata, dan Minitab. Jika ditinjau dari namanya, pada awal perkembangannya SPSS kepanjangan dari Statistical Package for Social Science memang banyak membantu memecahkan masalah dalam bidang-bidang sosial, namun karena fleksibilitas yang dimilikinya, SPSS mengantisipasi kebutuhan konsumen dalam analisis sehingga kegunaanya tidak terbatas hanya untuk menganalisis penelitian sosial namun dapat memecahkan permasalhan analisis data di luar ilmu sosial yan gkemudian ada perubahan kepanjangan SPSS menjadi Statistical Product and Service Solutions.

Dengan semakin berkembangannya software (perangkat lunak), SPSS for windows menawarkan banyak kemudahan dalam pengoprasiannya (user friendly), mulai dari pemasukkan data (data entry), edit data, transformasi data, analisis data, penyajian data, dan masih banyak lagi kemudahannya. Aplikasi ini tidak hanya coco untuk para pemakai paket program statistik pemula, bahkan expert sekalipun masih menggunakan aplikasi ini untuk membantunya memberikan solusi pemecahan masalah. SPSS menyediakan analisis yang cukup lengkap dan menyeluruh, dari analisis dasar (pembuatan tabel dan grafik), sampai pada analisis dengan tingkat lanjutan. Seperti ordinary linear regression, logistic regression, survival analysis, repeated measures ANOVA, dan masih banyak lagi.

Memahami SPSS

SPSS sebagai aplikasi software statistik, pertama kali dibuat pada tahun 1968. Saat pertama kali dibuat, SPSS masih dalam bentuk DOS, namun seirin gberkembangknya waktu dimulai pada versi 5.0, SPSS merilis versi yang berbasis windows. Tiga windows yang perlu dipahami dalam SPSS versi 5.0 ini antara lain :

  • SPSS Data Editor windows
  • SPSS Ouput Viewer windows
  • SPSS Syntax Editor windows

Saat ini SPSS sudah sangat jauh berkembang, terutama setelah pada tahun 2009 IBM mengakusisi Product SPSS ini. Sampai artikel ini saya tulis, SPSS sudah berkembang dan bertransformasi menjadi lebih banyak varian seperti :

  • IBM SPSS Modeler
  • IBM SPSS Statistics
  • IBM SPSS Analytic Server
  • IBM SPSS Collaboration and Deployment Services

Jika penasaran dengan perkembangan SPSS saat ini, IBM menyediakan fitur FREE Trial nya. Artinya kita mendapatkan kesempatan untuk mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari. Tentunya tidak semua fitur available (tersedia) untuk SPSS yang FREE Trials Product. Selain untuk Reporting Data, SPSS bahkan sudah digunakan untuk menganalisa Big Data, Cloud Server, dan Data Mining.

Diposting oleh , pada 04 March 2017